A. PENGORGANISASIAN
DAN INGATAN
1. Pengorganisasian
Memori
a. Konteks
dan Memori
Informasi yang di gambarkan dan disimpan dalam memor idapat dipengaruhi dengan mudah oleh konteks, dimana infomasi yang diingat itu disisipkan. Dengan demikian, kita dapat memilih informasi mana yang harus diingat dan yang harus diabaikan
b. Proses
Konstruktif
Proses konstruktif mengacu pada aksi atau gerakan yang menandakan bahwa kita mampu menyatukan atau mengatur informasi memori dalam bentuk pola yang sama yang disebut dengan skema. Begitu sebuah skema terbentuk, maka ia akan mempengaruhi cara informasi berintegrasi kedalam long-term
memori John Bransford dan Jeffry
Franks menunjukkan bahwa manusia mengenal informasi walaupun disajikan secara implicit.
c.
Memori Semantik
Memori semantic adalah suatu penyimpanan memori jangka panjang yang mengandung pengertian dari kata-kata, konsep- konsep serta rumus (aturan- aturan) dalam penggunaan bahasa. Dengan kata
lain, memori semantik adalah jenis dari beberapa kata yang berhubungan satu sama lain dalam memori oleh suatu titik hubungan pada satu jaringan. Misalnya,
kata mobil yang berperan sebagai titik hubung.
d. Persepsi dan Memori
Teori Gestalt mengemukakan bahwa cara benda-benda dikelompokkan menurut persepsi akan menentukan cara mereka mengorganisasikan sesuatu tersebut di dalam memori.
B.
LUPA
Teori gangguan
menyatakan bahwa kita lupa bukan karena ingatan hilang dari penyimpanan, tetapi
karena informasi lainmenghalangi ketika kita ingin mengingat. Gangguan dapat
bersifat proaktif atau retroaktif. Teori kemerosotan menyatakan bahwa ketika
suatu hal yang baru dipelajari, jejak ingatan neurokimia terbentuk, tetapi
seiring dengan berjalannya waktu, jejak kimia itu justru akan hilang. Istilah
untuk menghilangnya ingatan seiring dengan berjalannya waktu adalah kefanaan. Lupa termotivasi yang terjadi ketika seseorang ingin
melupakan sesuatu, hal yang umum ketika ingatan bersifat menyakitkan atau
menyebabkan kecemasan. Seperti pada kasus trauma emosional atau kasus
pemorkosaan dan kekerasan fisik (King A.Laura 2007: 446)
1. Teori
Decay
Gambaran- gambaran dan kejadian- kejadian yang dipelajari hancur atau dengan sendirinya melemah bersamaan dengan perjalanan waktu. Ia berkurang secara otomatis tanpa ada kaitannya dengan pembelajaran tambahan yang
berlangsung. Teori decay menyimpulkan bahwa
alur memori yang merupakan perwakilan dari peristiwa, melemahkan dan berkurang
secara otomatis bersama dengan
perjalanan waktu. Ia berkurang secara otonomi tanpa ada kaitannya dengan pembelajaran
tambahan yang berlangsung. Pengurangan atau penglemahan ini merupakan merupakan
akibat dari sistem syaraf manusia yang begitu adanya. Sehingga kelupaan
merupakan gejala yang wajar dan alami.
2. Teori
Interference
Teori interference beranggapan bahwa kelupaan disebabkan karena pengaruh pembelajaran baru dan pembelajaran sebelumnya. Kajian tentang interference
ini disebut dengan inhibisiretroaktif dan inhibisiproaktif. Inhibisiretroaktif mengacu kepada kenyataan bahwa suatu peristiwa yang dipelajari atau dialami selama suatu jarak keingatan (retention) dapat menyebabkan kelupaan terhadap peristiwa yang
dipelajaris belumnya.
Ada dua
factor yang mempengaruhi inhibisiretroaktif dan proaktif, yaitu:
a. Pembelajaran
yang asli; bila tugas
yang diberikan pada pembelajaran yang asli dibuat lebih mudah untuk diingat maka akan mudah dipelajari dan sulit untuk dilupakan
b. Tingkat
pembelajaran dari tugas yang menyimpang atau kemiripan antara kedua tugas.
Semakin besar tingkat pembelajaran tugas- tugas yang menyimpang dari tugas belajar yang pertama,
semakin kecil tugas pembelajaran yang
pertama dapat diingat. Semakin tinggi tingkat kemiripan antara tugas pertama dengan tugas kedua, semakin besar peluang kelupaan.
c. Faktor kontekstual bila bahan yang dipelajari sesuai konteks, maka materi yang dipelajari itu akan diingat atau sulit untuk dilupakan
d. Faktor pengajaran semakin baik pengajaran yang
diberikanakan semakin besar peluang kelupaan
C. MODEL-MODEL
INGATAN
1. Model
Buffer
Model ini dikembangkan oleh Richard Atkinson
dan Richard Shiffrin pada tahun 1968. Tiga system penyimpanan
model Buffer yaitu:
a)
Sensori memori
b)
Short-
term memori
c)
Long-term
memori.
Selanjutnya ada dua komponen utama model Buffer, yaitu:
a) Gambar
structural
Gambar structural terdiri dari sensori memori, short-term
memori dan
long-term memori yang memiliki system
permanen.
b) Proses
Kontrol
Aspek tidak permanen dalam system memori dan merupakan proses di
bawah control manusia.
2. Model
Human Assosiative Memory (HAM)
HAM menjelaskan bahwa memori
merupakan koleksi assosiasi yang berhubungan dengan jaringan yang luas. Unit dasar dari model ini disebut proposisi (proposition), yakni sebuah hubungan yang
bermakna antara unit-unit informasi yang dikodekan yang tersimpan di dalam memori
D. KEBIASAAN
BELAJAR DAN INGATAN
1. Memahami sasaran/ tujuan yang prinsipil
Bentuk utama dari kebiasaan belajar yang baik adalah mengerti dasar tujuan dari apapun yang
dipelajari.
2.
Memfokus perhatian
Fokuskan perhatian dan hindari gangguan/ godaan, seperti:
menjauhkan majalah,
Koran, novel, mematikan televisi, dan lain-lain
3. Mengatur urutan/ susunan penguatan
Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui bahwa kita mengerti adalah dengan menanyakan secara periodik tentang apa yang dibaca. Setelah berhasil menjawab beberapa pertanyaan, jadwalkanlah
untuk bersantai atau beristirahat.
4.
Menyusun atau
mengorganisasikan materi
Susun materi-materi
sehingga tersusun secara sistematis dan terstruktur.
5. Latihan proses penemu balikan
Ini
kaitan dengan latihan proses penemubalikan. Ini merupakan kunci yang sangat
vital dalam usaha mencapai keefektifan
memori
TOPIK lV : Memori 1I
A.
Untuk soal nomor 1 s/d 5, pilihlah a, b,
c, atau d, yang dianggap paling benar!
1. Bentuk
lain dari proses kerja memori manusia adalah ?
a.
Constractive
prosess
b. Kelupaan
c. Memori
informasi
d. Teori
decay
2. Kegagalan
dalam menggunakan materi ini merupakan ?
a.
Disuse
b. Sensory
c. Retrievel
d. asosiasi
3. Model
sensory regenter, short-term store dan long term store merupakan ?
a. Betuk
dari informasi
b. Proses
kontrol
c.
Bentuk
permanen dari sistem memori
d. Semantik
memory
4. Berbagai
makna kata yang dihubungakan satu sama lain didalam memori oleh suatu titik
hubungan di dalam satu jaringan ?
a. Memori
jangka panjang
b. Memori
jangka pendek
c.
Memori
semantik
d. Interference
5. Ada
dua model memori yang sangat penting dalam kaitannya dengan alur informasi di
dalam sistem otak manusia?
a. Teori
decay
b. Asosiasi
memori
c.
Model
bufer dan model memori asosiatif
d. Kelupaan
ESSAY
1.
Sebutkan model-model kelupaan . .
-
Model Buffer : Model ini dikembangkan
oleh Richard Atkinson dan Richard Shiffrin pada tahun 1968. Tiga system
penyimpanan model Buffer yaitu:
d)
Sensori memori
e)
Short-
term memori
f)
Long-term
memori.
Selanjutnya ada dua komponen utama model Buffer, yaitu:
c) Gambar
structural
Gambar structural terdiri dari sensori memori, short-term
memori dan
long-term memori yang memiliki system
permanen.
d) Proses
Kontrol
Aspek tidak permanen dalam system memori dan merupakan proses di
bawah control manusia
-
Model Human Assosiative
Memory (HAM)
HAM menjelaskan bahwa memori
merupakan koleksi assosiasi yang berhubungan dengan jaringan yang luas. Unit dasar dari model ini disebut proposisi (proposition), yakni sebuah hubungan yang
bermakna antara unit-unit informasi yang dikodekan yang tersimpan di dalam memori
2. Sebutkan apa yang dimaksud dengan Teori
Decay
Gambaran- gambaran dan kejadian- kejadian yang dipelajari hancur atau dengan sendirinya melemah bersamaan dengan perjalanan waktu. Ia berkurang secara otomatis tanpa ada kaitannya dengan pembelajaran tambahan yang
berlangsung. Teori decay menyimpulkan bahwa
alur memori yang merupakan perwakilan dari peristiwa, melemahkan dan berkurang
secara otomatis bersama dengan
perjalanan waktu. Ia berkurang secara otonomi tanpa ada kaitannya dengan pembelajaran
tambahan yang berlangsung. Pengurangan atau penglemahan ini merupakan merupakan
akibat dari sistem syaraf manusia yang begitu adanya. Sehingga kelupaan
merupakan gejala yang wajar dan alami.
3. Sebutkan tiga system Model
yang dikembangkan oleh Richard Atkinson
dan Richard Shiffrin pada tahun 1968. . .
b.
Sensori memori
c.
Short-
term memori
d.
Long-term
memori.
Yel-yel
Memori 2
Mari teman
belajari memori
Didalamnya ada
pengorganisasian
Serta unsur
lupa,
model-model
memori
Dan kebiasaan
dalam belajar
Mari kita ingat
kembali
Belajar memori
serta modelnya
Mari kita
ingatkan kembali
Kebiasaan
belajar dan kelupaan
Lagu : bertanam jagung
KEPUSTAKAAN
Ahmad.
A, Supriyono Widodo. 2004. Psikologi
Belajar. Jakarta: Ahdi Mahasatya
Ellis,
Hendry C.1978. Fundamentals of human learning, memori and cognition (second Edition). Lowa
: Wm.C. Brown Company Publisher
King
A.Laura. 2007. Psikologi Umun.
Jakarta: Selemba Humanika
L.Rita,
Richard C Atkinson, Ernest R Atkinson dkk. 1983. Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga
Walgito Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta:
Andi Offset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar